Jumat, 12 Agustus 2016

Menu Andalan



Hmmmmmm tantangan minggu ini bikin nervous uy, pertanyaan  yang bikin bingung sebenarnya karena buat saya dunia masak memasak bukan hal yang saya suka walaupun sebagai ibu dari 2 anak tentu saja saya  memasak makanan mereka walaupun yang sangat sederhana.  Tapi baiklah saya coba.

Memasak buat saya adalah selingan dan kadang membuat kita rileks menikmati suasana rumah yang kadang saya tinggalkan dari pagi sampai malam.  Menu  andalan kami  tentu saja masakan yang mudah di buat dan cukup mudah pula menyajikannya. 

Sebagai ibu yang kadang sibuk di luar rumah maka saya biasanya menyiapkan menu-menu yang awet di simpan di kulkas dan jika anak-anak menginginkannya tinggal menggoreng atau menghangatkannya saja.

Nah sekarang.  Marilah kita mulai dengan beberapa menu andalan kami :
Sayur asem, sayur sop  dan soto ayam adalah pilihan yang sering kami pilih untuk menu kami karena selain rasanya segar juga mudah cara membuatnya.  

sayur asem untuk makan siang

Tapi menu andalan yang paling sering saya masak adalah spagheti ala ala membuatnya sangat mudah dan cepat pula menyajikannya.
Kebetulan di kulkas ada bahannya maka saya akan buat ala kadarnya. Mari kita  siapkan bahan bahannya 

Bawang Bombay di rajang halus 
Saos tomat yang sudah jadi ataupun dari tomat segar yang di kukus kemudian di haluskan dan di saring

Bawang bombay dirajang halus.  Saos tomat yang sudah jadi ataupun dari tomat segar yang di kukus kemudian di haluskan dan di saring di tambah saos spagheti jadi pun lebih bagus jadi rasanya 
protein lain berbahan dasar kedelai

di rendam air beberapa  menit kemudian di peras dan di cuci bersih kemudian tiriska, siap digunakan 

Karena keluarga kami mengurangi makan daging merah maka kami menggantinya dengan protein lain berbahan dasar kedelai, pengolahannya sangat mudah cukup di rendam air bbrp menit kemudian di peras dan di cuci bersih kemudian tiriskan
Tersedia dalam 3 ukuran, S seukuran daging cincang kasar, M untuk tumisan dan L untuk sate dan yang lainnya. 
 Boleh ditambah parutan atau irisan wortel jika suka, namun karena saat ini di kulkas tak ada wortel ya sudah kapan-kapan saja di tambah wortelnya 
tumis dengan sedikit margarine

Cara membuatnya cukup mudah, tumis bawang Bombay hingga layu dan wangi masukkan saos spaghetti yang sudah jadi, protein berbentung cingcang, saos tomat baik yang jadi maupun yang kita buat sendiri tambah sedikit air lalu aduk rata, tambahkan garam dan gula jika perlu, jika sudah mendidih dan matang sisihkan ke wadah,  karena biasanya saya membuatnya dalam jumlah besar sebagai persediaan untuk anak-anak saat mereka akan makan.
buat dalam jumlah cukup banyak untuk persediaan

Cara menyajikannya pun sangat mudah cukup rebus spaghetinya dan tiriskan, kemudian tambahkan saosnya dan taburi keju siap disantap bersama keluarga, kadang kami membuatnya satu piring besar yang cukup untuk 4 orang dan menyantapnya secara bersama-sama, itulah kebahagiaan kami. 
cukup ditambahkan di atas spagheti yang sudah di rebus

tambahkan irisan keju
bekal sekolahpun lebih praktis
 inilah menu andalan keluarga kami yang memang sangat praktis dan disukai anak-anak


tulisan ini dibuat untuk memenuhi target #1minggu1cerita

2 komentar:

  1. Brotein kedelai belum pernah coba nih. belinya dimana itu teh bu? *tara ke swalayan teh kieu*

    BalasHapus